Wow Nesia

Kamis, 09 Juli 2015

Plakat Titanic Ini Kembali Lagi Setelah 100 Tahun

Kepingan sejarah Titanic akhirnya muncul kembali setelah hilang selama 100 tahun lebih. Bagian penting dari kisah kapal yang paling terkenal di dunia itu kini telah diungkapkan untuk pertama kalinya.


Artefak berupa sebuah plakat asli yang disampaikan kepada pembuat kapal  sekarang ditampilkan dalam pameran untuk umum di Spanyol.Penyelenggara pameran berterima kasih kepada pemilik galeri seni Granada yang telah membelinya tetapi hanya menjadikannya sebagai hiasan  kamarnya.

Baik Leo Lorenzo Sancho atau kakeknya yang juga kolektor itu menyadari pentingnya menemukan kembali benda itu yang telah ditawarkan untuk dijual oleh seorang pria Inggris pada 12 tahun yang lalu  karena ia membutuhkan uang.

Saat itu, kakek Leo berpikir benda itu tidak memiliki nilai, tidak ada sejarah dan menolak untuk membelinya sendiri.


Plakat perunggu dan perak itu telah disampaikan kepada pembuat kapal Irlandia dan mantan Walikota Southampton Walikota, Lord Williams James Pirrie, ketua Harland dan Wolff, dalam upacara di kota pada 9 April 1912.

Plakat itu dengan berat hanya 1,8 kilogram, dan terdapat tulisan Ratu laut dan tulisan-tulisan lainnya .Ukurannya hanya 28,5 cm x 37cm, memiliki cahaya di dalamnya yang menerangi gambar dari Titanic dan masih memiliki lampu asli dan kabel listrik.

Plakat itu sempat hilang di antara kekacauan sampai ada yang menawarkannya di sebuah galeri seni Barcelona di mana Leo mendengarkan percakapan dengan kakeknya.Leo sudah menjadi penggemar cerita Titantic sejak muda. karena itu ia lalu membeli sendiri plakat itu dan menentang saran kakeknya.


Hanya beberapa hari lalu, ia meminta  Yayasan Titanic jika mereka ingin memasukkannya dalam sebuah pameran di Science Park Granada. Plakat itu sekarang menjadi daya tarik dan bintang di acara bertajuk "Titanic, Rekonstruksi" di mana ia sedang dilihat oleh publik untuk pertama kali.

Yayasan mengatakan telah menawarkan sejumlah besar dana  untuk mendapatkan plakat, tetapi pemilik tidak berniat menjualnya.


 

 
 


 








Tidak ada komentar:

Posting Komentar