Wow Nesia

Sabtu, 04 Juli 2015

Indahnya Warna Dan Cahaya Di Masjid Nasir al-Mulk

Masjid Sejuta Warna , mungkin itu adalah salah satu nama yang bisa diberikan pada bangunan masjid yang sangat indah ini. Hal ini karena di masjid itu bertebaran aneka warna dan cahaya pada berbagai ruangan dan ornamennya.



Kemanapun mata ini menebarkan pandangan, di sana pula kita akan menjumpai banyak keindahan yang tertuang dengan sentuhan citra rasa seni yang tinggi dan begitu detail.



Masjid ini bernama Nasir Al Mulk yang berada di Shiraz , Iran. Pembangunan masjid dimulai pada tahun 1876 dan selesai pada 1888  atas perintah Mirza Hasan Ali Nasir al Mulk, penguasa dari dinasti Qajar. 


Hingga saat ini masih digunakan di bawah perlindungan oleh Yayasan Nasir al Mulk. 


Masjid yang kental dengan budaya Iran ini dirancang oleh Arsitek Muhammad Hasan Al-Mimar dan Muhammad Reza Kashi Paz Al-Shirazi.



Penggunaan batu bata ekspos tampak lebih dominan terlihat pada selasar dan pilar-pilar Masjid Nasir al-Mulk. Langit-langitnya berbentuk kubah khas bangunan timur tengah dan dipercantik dengan ornamen-ornamen berwarna biru tua.


Sedangkan pada langit-langit interior masjid terdapat cekungan yang dinamakan Panj Kaseh-i ( lima cekungan). Cekungan ini memiliki filosofi rukun Islam, dan menjadi desain yang umum digunakan pada masjid-masjid tradisional di Iran.


Ada hal yang khas dan begitu mencolok di masjid ini yaitu penggunaan jendela kaca patri dengan kaca yang beraneka bentuk dan warna. 

 
Sorotan cahaya dari luar masjid yang menerpa jendela kaca patri itu akan memberikan efek cahaya yang menakjubkan di bagian dalam masjid.


Cahaya yang menerpa ruangan di dalam masjid atau hamparan karpet bermutu tinggi benar-benar merupakan perpaduan keindahan yang sempurna.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar