Wow Nesia

Sabtu, 20 Juni 2015

Misteri Berlian Koh I Noor Di Mahkota Kerajaan Ingrris

Tiara atau mahkota kerajaan Inggris itu sangat indah sekali.Bertatahkan ratusan butir batu permata yang dan berkilauan dengan berbagai ukuran. Salah satu batu berharga itu adalah berlian Koh I Noor yang berukuran besar dan sangat legendaris.



Berlian ini terkenal sebagai salah satu berlian terbesar dunia yang sering disebut " Mountain of Light " atau  Gunung Cahaya. Koh-i Nur dipercaya berasal dari daerah Andhra Pradesh di India bersama kembaran nya yaitu The Darya-ye Noor, atau " The Sea of Light " (Lautan Cahaya ). 
 

Berlian ini pernah dimiliki oleh bermacam-macam dinasti, termasuk Kakatiyas, Rajputs, Mughal, Afsharid , Durrani Empires, Sikh dan Kerajaan Inggris yang merebut nya sebagai jarahan dari waktu perang kolonial.



Pada tahun 1850, berlian Koh I Noor ini disita dari Duleep Singh oleh British East India Company dan menjadi bagian dari perhiasan mahkota kerajaan Ingrris pada saat Ratu Victoria memproklamirkan sebagai Ratu India pada tahun 1877. 
Berlian ini sebelumnya dikenal sebagai Syamantaka-mani dan kemudian dengan nama Madnayak atau " The King of Jewels" (  Rajanya Permata) , sebelum diganti nama sebagai "Koh-i-Noor" pada abad ke-18 oleh Nādir Shāh setelah penaklukan India olehnya. 
 

Karena merupakan barang jarahan Inggris dari India yang paling berharga, berlian ini terus dibawa dalam negosiasi diplomatik dengan beberapa upaya untuk menegosiasikan kembalinya berlian ini ke tanah airnya.

Yang menarik, ada perbedaan  mencolok karena pemotong berlian di India berfokus pada upaya mempertahankan ukuran berlian ini dan bukan pada pemotongan untuk menampilkan kecemerlangannya.Akibatnya, berlian Kohinoor gagal membuat terpesona publik saat pertama dibawa ke Inggris.
Pangeran Albert kemudian memerintahkan memotong kembai berlian, mengubah bobot berlian dari 186 karat menjadi 105 karat.Hilangnya sekitar 40% ukuran berlian itu dipandang sebagai konsekuensi yang bisa diterima untuk batu permata berkualitas tinggi.

Berlian Koh I Noor itu kemudian disematkan di salah satu mahkota Ratu Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II tampak anggun saat mengenakan mahkota itu. Tetapi karena adanya mitos dan kutukan tentang berlian Koh I Noor, Sang Ratu kemudian lebih banyak menghindari mengenakan mahkota itu dan mengenakan mahkota resmi kerajaan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar