Wow Nesia

Jumat, 26 Juni 2015

Lukisan Pablo Picasso Terjual Rp 2,36 Triliun


Pablo Picasso adalah seniman surealis yang terkenal dari Spanyol. Karya-karya lukisannya sangat indah dengan harga yang sangat tinggi dan menjadi koleksi museum, galeri atau kolektor lukisan tingkat dunia.


Baru-baru ini, salah satu lukisan Pablo Picasso yang berjudul Les femmes d'Alger atau Women Of Algiers terjual dengan harga mencapai US$179 juta atau setara Rp 2,36 triliun  di rumah lelang Cristie's New York - Amerika Serikat .


Les femmes d'Alger` yang diterjemahkan menjadi wanita Alzajair itu dianggap sebagai karya seni utama kontemporer. Lukisan tersebut memperlihatkan fitur pelacur telanjang yang biasanya menjadi tema umum untuk lukisan-lukisan Picasso dan dicat dalam gaya cubist yang telah menjadi kekhasannya. 


Tentu hal ini sangat mengejutkan karena Christie's, rumah lelang yang mengurus penjualan tersebut sebelumnya memprediksi lukisan Picasso itu bisa  terjual hanya seharga US$ 140 juta.Sayang, pemenang lelang lukisan itu menawar dengan harga tertinggi melalui telepon. Karena itu , hingga saat ini belum diketahui secara pasti siapa pembeli lukisan itu. 


Berbagai spekulasi pun bermunculan tentang siapa orang kaya yang membeli lukisan Pablo Picasso itu.Ada yang mengatakan lukisan itu telah dibeli oleh seorang miliarder asal Qatar yang memiliki julukan 'The who bought London'. Spekulasi ini muncul karena begitu intensnya identitas pembeli itu muncul melalui telepon untuk Les femmes d'Alger pada awal bulan ini.

Ada juga yang berpendapat bahwa pembeli lukisan itu adalah Mantan Perdana Menteri Qatar Hamad bin Jassim bin Jaber Al Thani. Konon, dia berburu dan mengejar banyak karya seni untuk mengubah Emirat yang kaya energi menjadi pusat kebudayaan dunia pada Piala Dunia 2022.



Pendapat lainnya mengatakan pembelian lukisan itu dilakukan oleh Elaine Wynn,  co-founder kerajaan kasino Las Vegas. Spekulasi lainnya  menyebut lukisan tersebut dibeli oleh orang yang kaya raya dari Asia terutama China .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar