Wow Nesia

Rabu, 18 Maret 2015

Bunga Mawar Hitam Yang Unik dan Langka


Bunga Mawar yang berwarna hitam ternyata tak hanya ada dalam kisah dongeng atau 
kisah tentang dunia gaib saja. Begitu pula tak hanya ada dalam syair lagu atau puisi saja.


Tetapi mawar hitam ini ternyata memang benar-benar ada dan tumbuh di dunia ini walau keberadaannya sangat unik dan langka.
  

Keberadaan mawar hitam itu tentu menarik perhatian banyak orang karena selama ini bunga mawar  identik dengan warna bunga yang indah , segar dan dengan aneka warnanya yang cerah.



Entah tidak bisa terbayangkan bagaimana perasaan seseorang saat menerima pemberian mawar hitam itu. Tetapi yang jelas, mawar hitam itu tentu akan mengundang decak kekaguman yang seolah mengalir tanpa hentinya.


Mawar hitam ini tumbuh secara terbatas di daerah Halfeti - Turki. Bunga itu berukuran cukup besar dengan kelopak bunga yang berwarna hitam legam. Setiap bunga tersusun dari beberapa lembar kelopak bunga secara roset.



Tanah sebagai media tumbuh di sana memang berbeda dengan daerah lainnya. Karena itu berpengaruh pada warna bunga mawar yang selain berwarna hitam, ada juga yang berwarna magenta atau ungu tua mendekati warna hitam yang mengandung pigmen warna alami yang disebut anthocyanin. Pigmen ini banyak terdapat pada buah Raspberry dan Blueberry.

 

Mawar hitam ini hanya berbunga dua kali dalam setahun pada musim semi dan musim gugur. Sedangkan masa segar bunganya hanya 15 hari. Karena keunikan dan kelangkaannya itulah, pemerintah Turki berjuang keras untuk melestarikan dan menumbuh kembangkan tanaman ini dengan berbagai cara.

 

1 komentar: