Wow Nesia

Minggu, 03 Mei 2015

Ra Paulette Memahat Gua Di Tebing Pasir

Memahat batu atau kayu tentu adalah hal yang biasa karena biasa dan banyak dilakukan oleh yang lainnya. Tetapi jika yang dipahat itu berupa gua, tentu merupakan hal yang langka dan luar biasa. Adalah Ra Paulette, orang yang telah memahat gua selama 25 tahun .



Pria ini memahat seluruh isi dalam gua yang berada tebing pasir di New Mexico dengan aneka ukiran dan ornamen yang indah. 



Hebatnya, dia melakukan hal itu hanya dengan menggunakan alat berupa kapak beliung untuk memahat dan gerobak.Ia pernah mencoba mencari asisten untuk membantunya, tetapi hal itu malah pekerjaannya tidak berjalan dengan baik dan lancar.



Ia belajar seni pada tahun 1985 setelah menjalani berbagai pekerjaan yang diantaranya adalah menggali lubang sumur. 

 

Pada tahun 1987 ia mencoba menggali gua " Heart Chamber " dan memahatnya di sebuah lahan publik di Arroyo Seco dan langsung terkenal dan ramai didatangi oleh wisatawan.



Tawaran untuk memahat gua dengan karya seninya pun mulai berdatangan. Tetapi Ra Paulette mengaku tidak bisa sembarangan menerima tawaran pekerjaan itu karena menunggu inspirasi yang sesuai dengan imajinasinya. 


Saat ini ia sedang fokus mengerjakan proyek 10 tahun yang diberi nama " Magnum Opus " dan telah berjalan selama 3 tahun. Proyek itu dia klaim akan menjadi hal yang sangat menakjubkan jika kelak sudah selesai dan jadi.

 

Gua karya Ra Paulette itu pernah menjadi obyek film dokumenter berjudul Cavedigger dan masuk nominasi Piala Oscar. " Spektakuler, keindahan guanya setara dengan karya seniman paling terkenal di dunia. Tetapi hanya beberapa orang di New Mexico yang menyadari hal itu , " kata Jeffery Karoff , sutradara film itu.



Yang menarik, salah satu gua pahatan karya  Ra Paulette disebut Tree of Human Kindness ditawarkan untuk  dijual pada properti daftar situs New Mexico. 


Gua seluas 208 hektar yang terletak antara Santa Fe dan Taos ditawarkan dengan harga sekitar  $ 1 juta .












Tidak ada komentar:

Posting Komentar