Wow Nesia

Minggu, 05 April 2015

Pasien Rumah Sakit Ini Adalah Para Boneka

Rumah sakit pada umumnya menangangi pasien yang berupa manusia atau satwa. Tetapi ternyata ada juga rumah sakit dengan pasien yang aneh dan tak biasa yaitu para boneka dengan berbagai masalahnya. Karena pasien-pasiennya berupa boneka, rumah sakit itu pun dikenal dengan nama Rumah Sakit Boneka.


Rumah sakit yang bernama lengkap Sydney's Famous Original Doll's Hospital  ini berlokasi di kawasan Bexley di selatan kota Sidney - Australia dan didirikan pada tahun 1913 oleh Harold Chapman.  Saat ini rumah sakit itu ditangani dan dijalankan  oleh cucunya Geoff Chapman, yang berusia 67 tahun dengan beberapa staffnya.
 

Yang menarik, selain boneka , rumah sakit ini juga menangangi aneka mainan yang rusak. Peralatan yang digunakan tidak berubah dan telah di pakai dari generasi ke generasi di keluarganya sejak awal hingga kini. Bangunan rumah sakit ini dulu berada di gedung Her Majesty Arcade, kota Sydney.


Dia menambahkan, pada tahun 1940-an dan beberapa tahun setelah Perang Dunia II adalah merupakan saat tersibuk untuk rumah sakit bonekanya. Hal itu karena  selama perang tidak diizinkan untuk memproduksi benda baru apa pun yang tidak ada hubungannya dengan perang, sehingga banyak orang yang  memperbaiki barang-barang lama mereka daripada membeli yang baru.


Salah satu kenangan perbaikan yang sedang dilakukan oleh Chapman adalah kereta bayi buatan Inggris yang sudah berusia 60 tahun. Kereta dorong bayi ini ditemukan tergeletak di pinggir jalan oleh suami istri .Mereka  rela menghabiskan ribuan dolar demi kereta bayi itu bisa diperbaiki dan digunakan kembali.  
 

Rumah sakit pindah dari Her Majesty Arcade ke Bexley saat gedung tersebut dibongkar untuk kemudian dibuat Sydney Tower. Sekarang hanya ada enam pekerja yang melakukan sekitar 200 perbaikan sebulan.
 

Seperti halnya suasana di rumah sakit pada umumnya, di sana juga terpajang papan-papan nama yang bertuliskan arah, tempat dan jenis boneka yang diperbaiki seperti boneka plastik, boneka Teddy Bears, Kuda ayunan, boneka berbahan vinyl, boneka antik, boneka celluloid, patung keramik dan sebagainya. 
 

Mereka juga bisa membersihkan noda-noda tinta atau cat yang mengenai boneka.Ada aneka masalah pada boneka yang ditangani di rumah sakit boneka itu . Ada yang catnya mengelupas, ada yang patah dan rusak  dan sebagainya yang mereka perbaiki sampai terlihat baru. 

 
Boneka-boneka yang diperbaiki itu tidak selalu antik atau mahal, tetapi umumnya memiliki nilai dan kedekatan emosional tersendiri bagi pemiliknya. Bagi rumah sakit boneka ini menjadi kepuasaan tersendiri saat melihat orang-orang sangat bahagia dengan barang-barangnya.

 
" Inilah yang membuat pekerjaan ini begitu menyenangkan, ketika anak-anak datang dengan senyum lebar dan bahagia di wajah mereka," kata Kerry Stuart , salah satu staff  yang telah bekerja di Rumah Sakit Boneka selama lebih dari 25 tahun.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar