Wow Nesia

Sabtu, 13 Juni 2015

Berlian Centenary Yang Besar Dan Legendaris

Berlian adalah batu alam yang sangat berharga. Walau berukuran kecil, tetapi harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Tentu bisa dibayangkan bila berlian itu berukuran cukup besar, entah sampai berapa miliar nilai harganya.



Begitulah gambaran tentang Berlian Centenary yang merupakan berlian terbesar ketiga di dunia. Berlian ini ditemukan di Premier Mine di Johannesburg, Afrika Selatan pada tanggal  17 Juli 1986 dengan menggunakan sistem pencitraan X-ray.

Berlian ini baru ditunjukkan pada dunia pada tanggal 11 Mei 1988 dalam acara Centennial Celebration of the De Beers Consolidated Mines. Karena hal itulah berlian ini diberi nama lengkap De Beers Centenary Diamond.


Pada awalnya saat ditemukan, berlian ini memiliki berat kotor 599 karat (119,8 g). Tetapi setelah diproses oleh para ahli berlian, beratnya menjadi 273.85 carat (54,770 g). Gabi Tolkowsky dipilih untuk memimpin tim yang bertanggung jawab untuk memotong Centenary Diamond, bersama dengan Geoff Woolett, Jim Nash dan Dawie du Plessis.


Berlian  Centenary selesai diprose pada bulan Februari 1991 dimensi berukuran 39,90 x 50,50 x 24,55 mm. Batu indah ini memiliki 247 aspek: 164 pada paviliun dan mahkota, dan 83 di korsetnya tersebut.  


Batu berlian itu telah diasuransikan senilai lebih dari US $ 100 juta pada saat pembukaan pada bulan Mei 1991. Batu itu pernah dipinjamkan ke Tower of London untuk ditunjukkan di sana. Hal ini diyakini bahwa De Beers tidak lagi memiliki Centenary, tetapi pemilik saat ini juga tidak diketahui. De Beers menolak untuk berkomentar karena mengikuti kebijakan anonimitas nya.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar