Wow Nesia

Kamis, 16 April 2015

Geoff Mackley, Pria Yang Bertaruh Nyawa Di Gunung Berapi

Lava pijar  di gunung berapi itu tampak menggelegak dan mendidih dengan dahsyatnya. Pijar warna bara apinya yang menyala dengan sangat mencolok sudah bisa menunjukkan bagaimana berbahaya dan menegangkannya suasana di sana. Belum lagi dengan sangat panas hawa dan suhunya.



Bagi orang biasa, tentu sudah merasa miris dan bergidik melihat lava pijar  itu walau dari kejauhan. Tetapi tidak demikian halnya dengan Geoff Mackley. Pria yang berusia 49 tahun dari Selandia Baru ini justru mendatangi gunung berapi itu dan bahkan sampai berjalan mendekati 30 meter dari kawah yang berbahaya itu dan berada di sana sekitar 40 menit lamanya.  


Bisa dibayangkan andai lava pijar itu mengenai tubuhnya atau dia tidak waspada sehingga jatuh terpeleset ke dalam kawah,  bisa dipastikan maut akan segera menjemputnya. 



Karena tanpa pakaian khusus , tak ada orang yang bisa bertahan di sana lebih dari 6 detik karena suhunya mencapai 1500 derajat Celcius lebih.



Karena keberaniannya itulah, Geoff Mackley mendapat julukan Dangerman ( Pria Berbahaya ). Bahkan Discovery Channel menciptakan serial TV dan menyebut dia Daredevil atau Si Pemberani. 


Aksinya yang fenomenal adalah ketika dia bersama timnya pada tahun 2012 sukses melakukan ekspedisi ke gunung berapi Marum di Pulau Ambrym, Samudra Pasifik Selatan. Gunung yang berjarak 2400 km dari pantai barat laut Australia itu telah meletus beberapa kali selama abad terakhir, terakhir pada tahun 2008.


Gunung itu  sudah tampak ekstrem dengan kontur dan medannya yang mendebarkan. Dengan menggunakan tali, ia dan timnya menuruni gunung itu dan mendokumentasikannya. Butuh waktu 38 hari berada di sana dan 33 hari diantaranya terjadi hujan lebat. 


Ia dan tim mendirikan beberapa tenda sebagai tempat bermalam dan pusat untuk beraktifitas dokumentasinya. Untuk bisa melakukan aksinya itu, Geoff Mackley mengaku sudah mengharapkan dan menyiapkannya sejak 15 tahun lamanya.



Selain dikenal sebagai ahli gunung berapi dengan banyak kisah petualangan dan dokumentasinya, Geoff Mackley juga dikenal sebagai pemburu badai .








Tidak ada komentar:

Posting Komentar